Program ICARE Berkomitmen dengan Menyelenggarakan FGD Mengenai Mekanisme Penanganan Keluhan (GRM)
Program ICARE (Integrated Corporation of Agricultural Resource Empowerment) berkomitmen untuk menjaga Transparansi dan harmonisasi di lingkungan sosial. Hal ini ditunjukkan dengan penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Mekanisme Penanganan Keluhan atau Grievance Redress Mechanism (GRM) yang diselenggarakan oleh Tim ESF ICARE BRMP Kalimantan Barat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tebas pada 19 November 2025. Acara ini dihadiri oleh jajaran Kepala Desa, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), fasilitator teknis, serta perwakilan koperasi dan Gapoktan di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas.
Mekanisme Umpan Balik dan Penanganan Keluhan atau Grievance Redress Mechanism (GRM) dirancang oleh Program ICARE yang bertujuan untuk mengelola aduan atau umpan balik dari para pemangku kepentingan. Mekanisme penerimaan aduan yang saat ini dilakukan oleh BRMP Kalimantan Barat yaitu melalui whatsAPP, website, email dan kotak aduan. Penanganan keluhan dilakukan dengan prinsip objektif, kooperstif, non-diskriminatif, efektif dan efisien, bertanggung jawab dan transparan.
Kegiatan dimulai dengan sambutan dan arahan dari Kepala Camat Kecamatan Tebas, Dedy Zulkarnain, S.Sos. Beliau mengatakan bahwa Program ICARE memberikan dampak positif kepada masyarakat di Kecamatan Tebas. Dengan adanya program tersebut diharapkan masyarakat untuk bisa saling harmonis serta saling mendukung untuk meningkatkan daya saing dari jeruk yang dihasilkan di Kecamatan Tebas sehingga jeruk Tebas bisa berdaya saing nasional. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Salfius Seko, SH., MH. dan Bapak Sution, SP., MP. yang menyampaikan mengenai Grievance Redress mechanism (GRM) atau mekanisme penanganan keluhan. Mekanisme keluhan merupakan sistem terstruktur untuk menerima, mencatat, menindaklanjuti, dan menyelesaikan laporan atau ekspresi ketidakpuasan individu terhadap layanan, produk atau perilaku organisasi atau lembaga.
Dengan adanya kegiatan ini, Program ICARE memastikan bahwa setiap keluhan bukan sekadar didengar, tetapi ditindaklanjuti secara akuntabel demi keberlanjutan pembangunan pertanian di Kalimantan Barat.